Jumat, 29 Januari 2010

Apa manfaat les aritmatika atau kumon?

Siapa sih orang tua yang tidak ingin melihat anaknya pintar dan berprestasi di sekolah dan di luar sekolah? Karena itu mungkin banyak orang tua yang mengikutkan anaknya les macam-macam, mulai dari les keterampilan, olah raga, sampai les yang berhubungan dengan pelajaran sekolah, misalnya les aritmatika/kumon/jarimatika maupun bahasa.
saya sebagai orang tua pun pasti ingin seperti itu, apalagi anak pertama saya sudah berumur 7 tahun dan duduk di kelas 2 SD. Saat ini dia saya ikutkan les berenang karena saya dan suami sepakat tidak akan mengikutkan dia les yang berhubungan dengan pelajaran sebelum kelas 4. Tapi banyak teman saya yang sudah mengikutkan les aritmatika atau kumon atau bahasa sejak kelas 1 SD. Hal ini membuat saya bertanya-tanya sebetulnya apa sih manfaat ikut les aritmatika atau kumon? Selain tentunya bahwa dia bisa berhitung lebih cepat dibanding teman-temannya yang tidak les. Apakah dia bisa lebih pintar di semua pelajaran? Dan apakah ini berlaku bagi semua anak tanpa memandang tingkat intelegensia masing-masing anak?
Hal ini terus menjadi pertanyaan bagi saya karena jika hasilnya memang sangat bermanfaat, saya juga tertarik untuk mengikutkan les anak saya, tapi kalau hanya pintar untuk masalah berhitung saja, menurut saya matematika kan tidak melulu berhitung?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar